Home / WHAT’S NEW  / 10 Tempat Wisata Bersejarah di Macau (Bagian 2)

10 Tempat Wisata Bersejarah di Macau (Bagian 2)

leal-senado

Historic Centre of Macao adalah area kota tua di Makau yang menyimpan banyak tempat bersejarah. Area ini adalah hasil dari 400 tahun pertemuam budaya Barat dan Timur di mana kita dapat menemukan bangunan bergaya Eropa bersebrangan dengan bangunan bergaya China. Masing-masing tempat ini menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja mereka? Yuk, kita lihat satu-satu.

 

1. Sir Robert Ho Tung Library

Bangunan ini dibuat sebelum tahun 1894 dan digunakan sebagai kediaman Dona Carolina Cunha. Di tahun 1918, bangunan ini dibeli Sir Robert Ho Tung, seorang pengusaha Hong Kong yang kaya, untuk dijadika summer villa.  Ketika Sir Robert wafat di tahun 1955, gedung ini didonasikan ke pemerintah Makau dan kemudian dijadikan perpustakaan umum. Perpustakaan umum resmi dibuka pada tahun 1958.

Lokasi: Largo de Santo Agostinho                                           Jam Buka: 10.00 – 19.00

 

2. “Leal Senado” Building

Leal Senado Building awalnya dibangun pada tahun 1784 sebagai bagunan pemerintahan dan telah mengalami beberapa perombakan. Gedung ini memiliki perpustakaan yang memiliki koleksi buku-buku tua dari abad ke-17 hingga tahun 1950an, terlebih lagi buku yang mencatat peran Portula di Afrika dan Timur jauh. Perpustakaan ini juga menyiman Salinan dari “A Abelha da China”.

Lokasi: Avenida no. 163 Avenida de Almeida Ribeiro              Jam Buka: 9.00 – 21.00

 

3. Senado Square

Sendao Square telah menjadi pusat dari Makau sejak abad ke-16, dan telah menjadi tempat dilaksanakannya berbagai acara dan festival. Gedung-gedung yang berada di lapangan ini baru berdiri di abad ke -19 dan ke – 20. Di tahun 1993, bagian lantai Senado Square dihiasi dengan motif berombak yang memberikan atmosfir Mediterania.

Lokasi: seberang Leal Senado

 

4. Sam Kai Vui Kun Temple (Kuan Tai Temple)

Kuil ini berada di pasar lama Makau, dengan papan nama hyang masih terlihat. Awalnya kuil ini jadi tempat pertemuan para pedagang dan merupakan banguan yang penting bagi komunitas China. Sebelum didirikannya Kamar Dagang China di Makau pada tahun 1912, area di sekeliling kuil merupakan pusat dagang Makau. Setelah popularitas pasar menurun maka, kuil ini menjadi penting bagi komunitas setempat.

Lokasi: Rua Sul do Mercado de Sao Domingos                                    Jam Buka: 9.00 – 18.00

 

5. Holy House of Mercy

Dibangun untuk tujuan amal oleh uskup pertama Makau pada tahun 1569, Holy House of Mercy adalah rumah sakit bergaya pertama di China. Holy House of Mercy juga memiliki panti asuhan dan tempat penitipan anak. Holy House of Mercy juga dilengkapi dengan museum yang berisi peninggalan barang-barang yang membantu para misionaris Katolik di Makau.

 

Lokasi: Rua de Sao Lourenco                          Jam Buka: 7.00 – 21.00 (Senin & libur tutup)

 

6. The Cathedral

Katedral yang dibuat pada tahun 1622 ini merupakan katerdral didedikasikan kepada Perawan Maria dan merupakan gereja penting untuk umat Katolik di Makau. Sebelum Makau diambil alih oleh China, tiap gubernur Makau yang baru akan meletakan tongkatnya ke sebelah gambar Bunda Maria.

Lokasi:  No. 1 Largo da Se                                          Jam Buka: 7.30 – 18.30

 

7. Cathedral Square

Dari lapangan ini kita dapat melihat monumen-monumen relijius dan bersejarah yang mewarnai Makau.

8. Lou Kau Mansion

Bangunan ini dipercaya sebagai kediamam keluarga Lou Kau, seorang pengusaha China. Bangunannya dibuat menggunakan gaya “xiguan”, gaya arsitektur khas dinasti Qing. Bangunan ini juga dibangun sesuai feng shui. Dinding berwarna hijau dan jendela bergaya Manchuria juga merupakan daya tarik dari bangunan ini.

Lokasi: No. 7, Travessa da Se                                                 Jam Buka: 10.00 – 18.00

 

9. St. Dominic Square

Nikmati bersantai menikmati gedung-gedung tua yang berada di sekitar lapangan ini. Kita juga dapat menemukan berbagai pedagang yang menjual makanan-makanan pinggir jalan khas Makau.

 

10. St. Dominic’s Church

Gereja ini dibangun oleh biarawan Dominikan pada tahun 1587 dan merupaka gereja tertua yang dibangun di China dan awalnya berbahan dasar kayu. Gereja ini memiliki arsitektur yang menarik dan menyimpan sekitar 300 artifak Katolik Makau

Lokasi:  Largo de S. Domingos                                                           Jam Buka: 10.00 – 18.00

Share This:

marco.anthony@smailingtour.co.id

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT